Pages

Subscribe:

Sabtu, 24 Maret 2012

SEJARAH KOTA REOG PONOROGO/BY DWI SETIAWAN

Warok Ponorogo Akan menceritakan Sejarah Kabupaten dan Kota Ponorogo tidak lepas dari kesenian reog Ponorogo. Reog Ponorogo simbol dari Kota Ponorogo. Kabupaten yang merupakan salah satu kabupaten  di Jawa Timur ini juga merupakan basis islam. Banyak pondok pesantren besar yang ada di sana seperti ponpes gontor, ponpes almawadah, darul huda dan lain sebagainya. Dengan masyarakat yang di dominasi oleh kalangan petani, pagawai negri dan pedagang Kabupaten Ponorogo sekarang mencoba untuk mengembangkan daerahnya semaksimal mungkin.


Di sini infoku terbaru akan menjelaskan Sejarah Kabupaten Ponorogo sendiri yang tak lepas dengan keberadaan reog ponorogo. Reog ponorogo yang menjadi salah satu kebudayaan nasional ini memilik sejarah yang berkaitan dengan berdirinya kabupaten ponorogo. Anda mungkin tahu bujangganong, klonosewandono, warok Ponorogo, barongan, jatil, dan lain sebagainya adalah merupakan tokoh yang juga mengawali berdirinya Kabupaten Ponorogo.
Batoro katong merupakan perintis dari Kabupaten Ponorogo, dengan kedatangannya wilayah yang dulunya berupa hutan belantara ini dibangun menjaadi permukiman penduduk. Dengan semangat gotong royong dan kemauan untuk mengembangkan wilayah itu, daerah tersebut terus berkembang dan akhirnya menjadi daerah yang besar.
Sejarah Kabupaten Ponorogo juga tidak lepas dari reog Ponorogo. Berawal dari Prabu Klono Sewandono dari kerajaan Bantarangin, yang merupakan penguasa di Ponorogo yang ingin melamar Dewi dari Songgo langit dari kediri. Kemudian ada juga singo lodro yang berasal dari Blitar yang ingin melamar dan senang Dewi Songgo langit. di tengah – tengah perjalanan Prabu Klonosewandono di cegat oleh Singolodro. Kemudian terjadilah peperangan yang akhirnya dimenangkan oleh Prabu Klonosewandono. Karena kalah Singolodro kemudian dibawa sekalian oleh prabu Klonosewandono ke Blitar. Dengan diarak dan dialuni nyanyian – nyanyian musik reog ponorogo dari gamelan serta para wanita cantik penunggang kuda, Singolodro dijadikan tontonan dan persembahan untuk Dewi Songgolangit. Kemudian tanpa disadari ada burung merak yang hinggap di kepala Singo lodro. Sehingga tontonan tersebut menjadi hiburan yang sangat menarik bagi masyarakat sekitar. Maka dari itu terciptalah Kebudayaan Reog Ponorogo.
Dengan sejarah Kabupaten Ponorogo yang berawal dari itu maka sampai sekaraang Ponorogo dikenal dengan reyog nya. Di Ponorogo sendiri ada beberapa objek wisata yang juga menjadi daya tarik pariwisata di Ponorogo, seperti contohnya Telaga Ngebel, air terjun Pletuk yang punya ketinggian kurang lebih 60m, dan lain sebagainya. Banyak sekolah yang ada di Ponorogo. Misalnya ada Unmuh Ponorogo, SMA 1 Ponorogo, SMP 1 Ponorogo, SMK 1 Ponorogo, SD Ponorogo, TK Ponorogo dan lainnya.
Sekarang ini banyak perkembangan yang terjadi di Ponorogo. Banyak infrastruktur yang telah dibenahi dan juga fasilitas – fasilitas penunjang misalnya hotel di Ponorogo. Semoga kedepannya ponorogo terus berkembang dan menjadi salah satu kabupaten yang maju. Semoga nantinya ada salah satu orang terkaya yang berasal dari ponorogo.
By warok ponorogo

0 komentar:

Poskan Komentar